Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 16 Desember 2012

JAWABAN UAS




 

Nama              : Iwan Kurniawan
NIM                : 5520110123
Bidang Studi  : Guru Matematika
Lokasi             : SD di Pedesaan

SOAL UAS PASCASARJANA TP UIA
Jika anda seorang guru yang professional yang akan melakukan misi pembelajaran disebuah sekolah percontohan. Tahapan apa yang akan anda lakukan agar siswa belajar penuh semangat mengikuti pembelajaran yang anda lakukan dengan mengacu pada teori yang sudah dipelajari, dan anda dalam pembelajaran tersebut selalu melibatkan media pembelajaran. Jelaskanlah dengan anda sebagai guru bidang studi tertentu.


JAWABAN
Seorang guru harus mempunyai sifat yang professional meski kurikulum selalu berganti-ganti. Dalam pembelajaran matematika baik di perkotaan ataupun dipedesaan harus dapat memahami konsep dalam pembelajarannya. Media pembelajaran memang sangat dibutuhkan dalam sebuah pembelajaran yaitu untuk membantu siswa dalam memahami sebuah konsep matematika. Tidak hanya matematika pembelajaran apapun media sangat diperlukan. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini telah berkembang amat pesat baik materi maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari . Penguasaan matematika secara baik sejak dini perlu ditanamkan sehingga konsep-konsep dasar matematika dapat diterapkan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memakai konsep dasar matematika maka anak akan memiliki bekal untuk menguak perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang pesat dewasa ini.

Dalam pembelajaran matematika penggunaan media tidak asal pilih harus memperhatikan tahap-tahap perkembangan kognitifnya. Sesuai dengan teori Piaget mengatakan bahwa Seorang individu dapat mengikat, memahami sebuah konsep, dan memberikan respon terhadap stimulus disebabkan karena bekerjanya schemata. Utuk sebuah jenjang pendidikan SD menurut teori Piaget mengatakan bahwa anak SD yang berumur 7 – 11 tahun masih menggunakan tahap operasi konkrit dimana siswa dapat memahami sebuah konsep dengan menggunakan media-media yang konkret tidak abstrak. Selain teori piaget dalam pembelajaran matematika juga menggunakan teori Bruner. 

Tahapan-tahapan yang dilakukan adalah:
  •  Seorang guru harus merencanakan apa yang harus dilakukan dalam pembelajarannya seperti RPP 
  • Merancang sebuah media yang dapat digunakan dalam sebuah jenjang sekolah dipedesaan dan dilibatkan dengan menggunakan teori piaget dan bruner 
  • Pemilhan metode yang tepat dalam pembelajarannya.
Suatu media pembelajaran matematika dapat membuat pembelajaran baik dikelas maupun diluar kelas dapat menyenangkan terutama media alam. Kita tahu bahwa disebuah pedesaan sangatlah kurang dalam saranan prasarana seperti alat peraga atau media yang canggih. Tapi tidak menutup semangat seorang guru untuk menggunakan media dalam pembelajarannya walaupun itu didesa terpencil. Seorang guru yang professional harus bias kreatif atau berinovasi untuk membuat media contohnya misalkan media yang berasal dari alam dan tidak harus mahal. Dalam pembelajaran matematika dipedesaan, suatu media sangat dibutuhkan untuk menunjang dan membuat siswa semangat dalam pembelajarannya. Kita tahu bahwa asumsi anak-anak pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, maka dari itu seorang guru harus bias membuat pembelajaran matematika jadi sangat menyenangkan.

Sebagai contoh misalkan suatu pembelajaran matematika dipedesaan tentang pemecahan masalah mengenai uang. Pembelajaran ini dapat menggunakan metode matematka realistic yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam teori piaget suatu pembelajaran untuk anak SD adalah tahap operasi konkrit yang harus benar-benar konkrit ada barangnya. Di pembelajaran ini seorang guru dapat menggunakan sebuah media pembelajaran dari alam seperti daun atau kertas yang bisa dijadikan uang bohongan, sehingga dalam pembelajarannya anak-anak dituntut untuk aktif dan bermain peran sebagai pedagang dan pembeli. Sesuai dengan teori Bruner yang mengatakan bahwa belajar matematika akan berhasil jika proses pengajaran diarahkan kepada konsep-konsep dan structural. Dalam pembelajaran tadi sebelumnya siswa sudah memahami operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Jadi pembelajaran sebelumnya dapat menunjang untuk pelajaran matematika selanjutnya seperti uang tadi, karena dalam transaksi tersebut siswa harus mampu dalam operasi tersebut. 

  





0 komentar:

Posting Komentar